Renungan Kelana Sabda, Senin 25 Desember 2023

Merayakan Kelahiran Yesus

HARI RAYA NATAl
Malam: Yes. 9:1-6Mzm. 96:1-2a,2b-3,11-12,13Tit. 2:11-14Luk. 2:1-14. Fajar: Yes. 62:11-12Mzm. 97:1,6,11-12Tit. 3:4-7Luk. 2:15-20. – Siang: Yes. 52:7-10Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4,5-6Ibr. 1:1-6Yoh. 1:1-18 (panjang) atau Yoh. 1:1-5.9-14 (singkat).
BcO Yes. 11:1-10
Warna Liturgi Putih

Hari raya Natal merupakan hari yang sangat istimewa dan penting bagi kita umat Kristen Katolik. Karena kita merayakan kelahiran Yesus. Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah. Kita umat Katolik selalu antusias untuk menyambut hari istimewa ini. Banyak hal yang kita siapkan baik itu materi maupun batin. Materi dan batin merupakan dua hal yang tidak terlepas dalam diri manusia.  Kedua hal ini tentu sangat penting. Namun penginjil Yohanes memberikan penegasan mengenai bagaimana cara kita mempersiapkan hari istimewa ini.

Penginjil mengisahkan tentang pribadi Yesus yang pada awalnya sudah berada bersama-sama dengan Allah, dan kemudian Logos (Yesus) di utus oleh Allah untuk mengambil pribadi manusia atau kemanusiaan yang ada pada pribadi Yesus. Setelah penjelasan mengenai pribadi Yesus yang pada awalnya bersama-sama dengan Allah, ditampilkan pribadi Yohanes dalam mempersiapkan jalan untuk Yesus yang datang sebagai penyelamat.

Yohanes hadir pertama-tama untuk mempersiapkan jalan untuk Yesus dan memberikan kesaksian tentang terang yakni Yesus, agar semua orang percaya. Bertolak dari pribadi Yohanes, kita diberikan peneguhan dan nasehat, agar dalam mempersiapkan kedatangan dan kelahiran Yesus, hendaknya kita memberikan kesaksian dalam seluruh kehidupan kita, agar dengan kehadiran dan kesaksian yang kita lakukan dapat memberikan terang bagi orang lain dalam mempersiapkan  diri akan kedatangan Tuhan (kelahiran). Sehingga bukan saja materi yang kita siapkan tetapi, pertama-tama ialah batin dan seluruh kehidupan kita. Semoga Roh Kudus membantu kita untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Pace e bene

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + nineteen =