Renungan Kelana Sabda, Rabu 27 Desember 2023

Yesus Sungguh Bangkit

Pesta St. Yohanes, Rasul, Penulis Injil
1Yoh. 1:1-4Mzm. 97:1-2,5-6,11-12Yoh. 20:2-8.
BcO 1Yoh. 1:1 – 2:3
Warna Liturgi Putih

Pada Hari ini, Gereja Katolik seluruh dunia memestakan Santo Yohanes, Rasul dan Penulis Injil.  Sebagai seorang Rasul yang hidup bersama dengan Yesus, Rasul Yohanes menjadi saksi mata akan peristiwa inkarnasi, Allah menjadi manusia. Dia juga menjadi saksi mata akan penderitaan yang dialami oleh Yesus. Sebab dia satu-satunya murid, yang mengikuti Yesus sampai Yesus wafat di atas kayu Salib.  Apa yang dia lihat dan alami bersama dengan Yesus dituliskannya menjadi sebuah kitab, yakini Injil Yohanes.

Dalam Yohanes dikisahkan tentang kebangkitan Yesus. Hal tersebut berawal dari kecurigaan Maria, Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakan . Ketika mendengar perkataan Maria tersebut, bersama dengan Rasul Petrus, Rasul Yohanes berlari ke kubur Yesus.  Dan memang mereka mendapati makam Yesus sudah kosong.  Ketika rasul Yohanes melihat bahwa kubur yang kosong, dia mengingat akan apa yang pernah disampaikan oleh Yesus kepada mereka bahwa Dia akan bangkit kembali pada hari yang ketiga.

Rasul Yohanes menuliskan peristiwa tersebut dalam Injilnya, mau mempertegaskan bahwa memang Yesus sungguh bangkit. Dan hal tersebut juga diperjelas lagi dengan kisah penampakan Yesus kepada murid. Dan semuanya itu, dari peristiwa inkarnasi sampai pada peristiwa kebangkitan Yesus, direfleksikannya sebagai kasih Tuhan kepada dunia. Berbahagialah kita, sebab kita telah dikasihi oleh Tuhan. (MX)

 

Pace e bene

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 13 =