Renungan Kelana Sabda, Kamis 3 September 2020

Injil Lukas, 5:1-11

Rasul: ‘Penjalah’ Manusia

Tidak kebetulan Lukas penginjil menghubungkan panggilan rasul dengan sebuah penangkapanikan yang ajaib. Menurut penginjil Lukas, pemberitaan Injil adalah usaha guna  menyelamatkan manusia. Berkat pemberitaan itu manusia yang sedang tenggelam dalam dosa, diselamatkan dari kebinasaan. Rasul berperan sebagai pemukat manusia. Dengan kata lain: sebagai orang yang membebaskan.

Dewasa ini pun keselamatan manusia terancam dari segala sudut. Gereja akan diperlakukan secara serius, bila para anggotanya benar-benar melibatkan diri dalam usaha penyelamatan dunia. Bila mereka begitu sibuk dengan usaha itu, sehingga menjadi mirip nelayan-nelayan yang menangkap ikan.

Hari ini kira memperingati Santo Gregorius Agung Paus dan Pujangga Gereja. Sebagai Paus dan Pujangga Gereja cita-citanya adalah membebaskan kaum miskin dan lemah terutama budak-budak dari Inggris. Dengan upaya dan tekadnya yang gigih maka cita2nya berhasil. Dia tetap rendah hati dan menyebut dirinya sebagai Abdi para abdi Allah. Oleh karena itu belajar dari Santo Gregorius Agung mari kita rendah hati mewartakan kasih Allah dalam keluarga kita, tempat kerja kita dan komunitas-komunitas kita.

Pace e bene,

Sdr. Daniel Gobay, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + six =