Renungan Harian Kelana Sabda, Rabu 07 Februari 2024

Hiduplah Dalam kebijaksanaan

Hari Biasa
1Raj. 10:1-10Mzm. 37:5-6,30-31,39-40Mrk. 7:14-23.
BcO Kej 43:1-7.26-34.
Warna Liturgi Hijau


Salve, salam dan damai Tuhan untuk kita semua.

Hari ini kita diajak oleh bacaan-bacaan menarik, untuk merenungkan Kebijaksanaan. Kebijaksanaan pertama-tama datang dari Allah, Ia lah pemilik kebijaksanaan itu. Mengapa kebijaksanaan itu amat penting untuk manusia, dan mengapa kebijaksanaan itu perlu manusia hidupi? Saudara dan saudari sekalian, segala hal yang buruk terjadi karena orang tidak bijaksana, artinya orang melakukan atau mengucapkan sesuatu tanpa ada pertimbangan dan tidak memikirkan apa akibatnya untuk orang lain. Hal itu, terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari,  oleh Yesus dikatakan sebagai hal yang najis.

Kita sebagai umat beriman yang percaya akan kebenaran setiap isi kitab suci, bahwa setiap perkataan, tindakan buruk kita yang keluar dari dalam diri kita itulah yang najis. Mengapa demikian, karena kita mengelurkan hal yang buruk untuk orang lain, seoalah-olah kitalah yang paling benar. Di mata Tuhan kita semua baik, maka amatlah tidak baik jika kita saling menjatuhkan orang lain, membenci orang lain dan mengangap orang lain tidak ada gunanya dalam hidup bersama kita di dunia ini.

Oleh karena itu bersikaplah bijaksana dan bersikap baik terhadap orang lain, dan lihatlah orang lain sebagai pribadi yang baik sekalipun ia pernah berbuat yang kurang menyenangkan untuk kita. Ingatlah bahwa setiap manusia memiliki kebijaksanaan dalam diri dan itulah anugerah dari Tuhan untuk kita manusia. Semoga kita senantiasa hidup dalam kebijaksanaan, sehingga hidup kita tidak mendatangkan kenajisan dalam diri kita. Amin.

Pace e Bene

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 5 =