Renungan Harian Kelana Sabda, Jumat 12 Juni 2020

Matius, 5:27-32

Menjaga Keinginan Kita

Kadang orang berpikir bahwa dosa itu terkait sebuah perbuatan atau tindakan yang menyimpang dari apa yang Allah kehendaki. Pikiran ini tidaklah salah. Namun ketika hanya berpikir sampai di situ seseorang sementara menciptakan kesesatan untuk hidupnya. Kehidupan ini bukan hanya soal perbuatan atau tindakan. Ada juga yang kita kenal sebagai keinginan. Dari keinginan ini, kalau tidak diatur dengan benar dan baik maka akan melahirkan beragam masalah.

Yesus pada hari ini, menyadarkan kita bahwa bukan hanya perbuatan berzinah yang membuat seseorang berdosa akan tetapi keinginan saja sudah membuat orang berdosa. Ada orang mengatakan begini: kita adalah tindakan kita dan tindakan kita adalah perwujudan dari kehendak/keinginan kita. Kadang kita tidak sadar bahwa keinginan kita akan sesuatu sebenarnya sudah merupakan sebuah tindakan. Ia hanya memang hanya butuh kesempatan untuk merealisasikannya. Oleh karena itu, walaupun kesempatan tidak ada, keinginan itu telah merupakan dosa. Ia hanya tidak merealisasikan dirinya karena ia tidak memiliki kesempatan.

Oleh karena itu, marilah kita jaga senatiasa keinginan kita, agar yang kita ingini senantiasa bukanlah hal-hal rendah, bukanlah hal-hal dunia ini semata akan tetapi menjadikan hati kita hati yang senantiasa menginginkan hal-hal yang baik dan benar dalam kehidupan kita. Kalau hati kita ada dalam keadaan demikian, maka kita akan senantiasa melakukan yang baik dan benar jika kita memiliki kesempatan dan ini menjamin kebahagiaan kita.

Pace e bene,

Sdr. SSR, OFM

 

Previous Article
Next Article

3 Replies to “Renungan Harian Kelana Sabda, Jumat 12 Juni 2020”

  1. Maria Adii

    Amiin, trimakasih frater, untuk renungan hari ini yang begitu sederhana tapi menyentu di hati. Trimakasih saudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 15 =