Renungan Harian Kelana Sabda, Kamis 11 Juni 2020

Matius, 10 : 7 – 13

Kita Dipanggil untuk Memberitakan Warta Sukacita Injil

Dalam bacaan injil hari ini Yesus memberikan tugas kepada murid-muridnya untuk memberitakan kabar sukacita sembuhkanlah orang sakit, bangkitkanlah orang mati, tahirkanlah orang kusta dan usirlah setan-setan. Sebagai murid Yesus, kita juga dipanggil untuk meneruskan misi perutusan para murid di tengah dunia modernisasi ini. Oleh karena itu kita hendaknya peka terhadap perkembangan dunia dengan melihat tanda-tanda zaman agar pewartaan kita tidak menjadi sia-sia. Dengan demikian, setiap kita yang dipanggil secara khusus hendaknya kita membuka diri agar dibimbing oleh Roh Kudus dalam pewartaan kita sehingga apa yang kita wartakan dapat menolong sesama lita.

Santo Barnabas yang hari ini kita rayakan memberikan teladan yang baik. Dalam bacaan injil dikatakan bahwa barnabas adalah orang yang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman, sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Santo Barnabas adalah orang pertama yang meyakini para rasul untuk menerima santo Puulus didalam komunitas kristiani. Santo Barnabas tidak pernah iri ketika ia berkarya bersama santo Paulus yang menjadi lebih terkenal dari pada dirinya sendiri. Yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah apakah kita dengan sesama kita yang sukses, lebih terkenal dan lain sebagainya? Hari ini kita diajak untuk melihat kembali kepribadian kita masing-masing sebagaimana yang Tuhan kehendaki dalam panggilan kita masing-masing. Dengan begitu Tuhan akan membukakan jalan bagi kita untuk menghadirka dia dalam seluruh hidup kita.

Mari kita belajar dari santo Barnabas untuk jadikan hidup kita lebih baik dan membuka diri kita agar dibimbing oleh Roh Kudus. Dengan begitu kita mampu menghadirkan Roh Kudus itu dalam hidup kita. Kita tidak akan mengakui orang lain kalau kita sendiri tidak mengakui Tuhan dengan melakukan pewartaan sesuai perintahnya dan menuruti kehendaknya.

Pace e bene,

Sdr. Vincen Laka, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − two =