Renungan Harian Kelana Sabda, Senin 29 Juni 2020

Matius, 16:13-19

Yesus: Siapakah Aku Bagimu?

Ketika Yesus bertanya kepada para murid tentang apa kata orang tentangNya, para murid menjawab bahwa ada yang mengatakan Elia, ada lagi yang mengatakan Yeremia atau salah seorang dari para nabi. Dari jawaban-jawaban itu, Yesus tidak memprotesnya atau tidak mengatakan bahwa jawaban mereka salah. Hal yang dapat kita lihat dengan jawaban-jawaban itu adalah pada diri Yesus ada semua karakter dari orang-orang yang disebutkan namaNya.

Hal yang menarik adalah jawaban dari para murid ketika Yesus bertanya tentang pendapat mereka. Para murid yang diwakili oleh Petrus menjawab “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup”. Jawaban itu lalu ditanggapi dengan cara luar biasa oleh Yesus. Yesus mengatakan BapaNya sendiri yang menyatakan itu kepada Petrus.

Ada unsur lain yang dapat kita refleksikan di sini adalah soal jawaban orang dan jawaban para murid sendiri. Salah satu hal dapat dilihat adalah orang banyak tidak setiap kali ada bersama Yesus, sementara para murid setiap kali dan setiap saat ada bersama Yesus. Melihat banyaknya waktu maka kita dapat melihat bahwa wajar kalau jawaban para murid lebih menunjukkan tentang siapa itu Yesus, berbeda dengan orang banyak yang tidak setiap kali ada bersama Yesus.

Untuk kita, Yesus mungkin hari ini bertanya juga untuk kita masing-masing. Jawaban kita yang jujur pastilah lahir dari sejauh mana kedekatan kita denganNya. Kalau kita memiliki cukup waktu untuk ada bersamaNya pasti kita akan memiliki jawaban pribadi tentangNya. Apapun jawaban kita, semoga jawaban kita secara pribadi tentang siapa Yesus menurut kita, semakin menguatkan perjalanan iman pribadi kita. Kalau kita tidak memiliki jawaban pribadi tentang Yesus maka marilah kita lebih dalam lagi membangun relasi pribadi denganNya sehingga kita semakin mengenalNya dan dengan demikian semakin mencintaiNya juga dalam kehidupan kita.

SELAMAT HARI RAYA SANTO PETRUS DAN PAULUS,  RASUL

Pace e bene,

Sdr. SSR OFM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − one =