Komunitas Asisi-Waena Melaksanakan Jalan Salib Tematis

Dalam menyonsong Paskah tahun ini (2022), para Saudara di Komunitas Asisi-Waena melaksanakan jalan Salib tematis. Maksud dari jalan Salib tematis tersebut adalah rangkaian permenungan yang bersifat tematis yang berkaitan dengan tema-tema permenungan yang telah disiapkan dan sepakati bersama. Oleh karena itu, pada pertemuan rumah bulan Februari salah satu pembahasan  agenda dibahas   tentang masa prapaskah.

Pada  pembahasan  tersebut  diputuskan akan diadakan jalan Salib dalam bentuk tematis dan biasa. Jalan Salib biasa yang maksudkan menggunakan liturgi dalam Madah Bakti dan tempat ibadahnya di Kapela atau di Gereja. Jalan Salib tersebut rencananya akan dilaksnakan pada Minggu pertama dan Minggu ketiga sedangkan jalan Salib tematis adalah jalan Salib kontekstual yang renungannya disusun berdarsakan tema  yang telah disiapkan sesuai tempat perhentian yang dituju. Misalnya perhetian ke III di ruang perpustakaan, merenungkan tema tentang “minat membaca”, maka saudara yang mendapat tugas diperhentian tersebut memberikan renungan tematis seputar tema itu. Jalan Salib tematis rencanya akan dilakukan setiap Minggu kedua dan keempat selama masa prapaskah.

Tindakan untuk mewujudkan keputusan tersebut para saudara di Komunitas Asisi-Waena melaksanakan jalan Salib tematis pada tanggal 18 Maret 2022 di halaman rumah sekitar Biara Asisi-Waena. Jalan Salib tersebut dilaksanakan pada sore hari tepatnya jam 17.00 WIT dan selesai pada jam 18.00 WIT. Jalan Salib tematis yang  telah terlaksana tersebut merupakan bagian dari tindakan refleksi iman yang kreatif untuk merasakan kehadiran Allah dalam setiap tema.  Semoga dengan jalan Salib tematis tersebut membantu setiap saudara untuk membangun sikap pertobatan terus-menerus sebagai murid Tuhan tetapi juga  sebagai seorang Fransiskan.

Oleh :

Sdr. Matius Yerikho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − 7 =