Acara Serah Terima dan Lepas Sambut Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi APO di Aula Paroki

Minggu, 21 Januari 2024, umat Paroki St. Fransiskus Asisi APO mengadakan perpisahanan dengan Rp. Agustinus Yerwuan, OFM dan menyambut pastor paroki baru Rp. Paulus Tumayang Tangdilintin, OFM di Aula paroki. Acara ini dihadiri 14 kombas dan para tamu undangan, para suster FSGM, Frater dan Diakon. Sebelum kegiatan ini dilansungkan, diawali dengan misa syukur yang dipimpin oleh Rp. Aventinus Jenaru, OFM selaku sekretaris keuskupan yang mewakili Uskup Keuskupan Jayapura Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr. Kehadiran bliau menggatikan uskup dalam rangka serah terima jabatan pator paroki lama (Rp. Agustinus Yerwuan OFM) kepada pastor paroki baru (Rp. Paulus Tumayang Tangdilintin, OFM) di Paroki St. Fransiskus Asisi APO. Seusai misa syukur dilanjutkan dengan resepsi  lepas dan sambut  pastor paroki St. Fransisikus Asisi APO di Aula paroki. Acara ini diisi dengan beberapa sambutan yang dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Sr. Modesta, FSGM.

Serah terima Pastor Paroki lama Rp. Agustinus Yerwuan, OFM kepada Pastor Paroki Baru Rp. Paulus Tumayang Tangdilintin, OFM di Gereja St. Fransiskus Asisi APO yang di wakili oleh Sekrertaris Keuskupan Rp. Aventinus Jenaru, OFM

Sambutan pertama, ketua dewan paroki Bapak Edwar Mokhtar, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pastor paroki lama dengan menegaskan bahwa Pator Agustinus Yerwuan setia menjalankan tugasnya karena memang itu pilihan hidup yang harus dilaksanakan. Sambutan kedua, dari Sekrertaris Keuskupan Rp. Aventinus Jenaru, OFM mewakili Uskup Keuskupan Jayapura. Bliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pastor paroki lama Rp. Agustinus Yerwuan, OFM yang kurang lebih empat tahun tujuh bulan sejak tanggal 31 Juni 2019 sampai dengan 21 Januari 2024 yang telah melayani umat paroki APO. Kemudian ucapan selamat datang kepada pastor paroki baru Rp. Paulus Tumayang Tangdilintin, OFM yang akan menjabat pastor paroki masa periode empat tahun ke depan. Sambutan ketiga, pastor paroki baru Rp. Paulus Tumayang Tangdilintin, OFM, ia menyampaikan visi dan misinya yang menjadi andalan dalam berpastoral adalah Kunjungan Kombas. Maka itu ia mengharapkan kerjasama antara pastor dan umat. Selain itu, ia menambahkan bahwa “saya tidak sekuat atau setangguh dulu waktu masih muda, sekarang saya hidup dengan obat, boleh dikatakan kekuatan saya 85 persen”, tetapi semangat berpastoral dalam mengunjung dan melayani sudah menajadi andalan saya” .Sambutan keempat, pastor paroki lama Rp. Agustinus Yerwuan, OFM. Bliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada umat seluruhnya yaitu 14 kombas, ia merasa bahwa ia dicintai. Meskipun kehadirannya tidak memenuhi semua kerinduahan dari seluruh umat dalam hidup berpastoral tetapi menegaskan bahwa “apa yang saya imani, itulah yang saya hayati, dan apa yang saya hayati itulah yang saya ajarkan atau wartakan dalam kehidupan menggereja”

Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan dengan makan bersama. Doa makan dipimpin oleh Bapak Thomas. Acara selanjutnya pemberian cendara mata kepada pastor paroki lama dari  perwakilan 14 kombas. Demikian acara serah terima dan lepas sambut merupakan acara kehidupan menggereja di tengah umat. Bahwa tiba masanya pastor paroki lama beralih ke tempat tugasnya yang baru dan pastor baru memulai masa kegembalaan ditengah umat dan paroki tersebut.

Editor : Admin

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 4 =