Renungan Kelana Sabda, Selasa 6 Oktober 2020

Injil Lukas, 10:38-42

Medengarkan dan Melayani Yesus

Mendengarkan Yesus dan Melayani Yesus adalah dua hal yang sama pentingnya. Namun hari ini kita medengarkan bahwa Yesus memuji sikap mendengarkan yang ditunjukan oleh Maria saudari si Marta. Kita mungkin bertanya dalam hati kita, mengapa Yesus menyatakan demikian?

Dalam kehidupan kita, kadang kita kerja dan kerja; kita melayani dan melayani namun tidak dengan kesadaran yang memadai atau dengan motivasi yang benar. Oleh karena itu, pekerjaan atau pelayanan yang kita buat seolah terasa berat dan menjadi sesuatu yang membebani kita. Kita tidak dengan tulus dan hati yang murni mengerjakan pekerjaan dan pelayanan kita. Inilah yang kiranya dialalami oleh Marta. Seandainya ia melayani dengan sungguh hati dan tanpa bersungut-sungut maka Yesus tidak akan membuat pembedaan antara dirinya dan saudarinya Maria.

Maria dalam Injil ini dipuji oleh Yesus, karena ia kiranya menempatkan diri dalam kehidupan ini dengan benar. Dengan memuji Maria, Yesus mau mengatakan bahwa apapun yang kita kerjakan harusnya lahir dari penghayatan kita akan relasi personal dengan Tuhan. Kalau relasi personal kita dengan Tuhan baik; kita mendengarkan selalu kehendakNya maka kehidupan yang kita jalani pun akan terasa ringan walaupun mungkin realitas yang kita hadapi sulit dan berat.

Kita kerja dan kerja; kita berkarya dan berkarya; kita melayani dan melayani; adalah sesutu yang baik namun ia akan mendapat tempat di hati Tuhan kalau semuanya dikerjakan dengan kemurnian hati, yang bersumber dari relasi pribadi kita dengan Tuhan kita Yesus Kristus.

Pace e bene,

Sdr. SSR, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + 4 =