Renungan Harian Kelana Sabda, Senin 11 Januri 2021

Injil Markus, 1:14-20

Menanggapi Panggilan Tuhan di Saat Sibuk

Para murid yang dipanggil dan mengikuti Yesus hari ini bukanlah orang-orang malas dan pengangguran. Mereka sementara sibuk dengan pekerjaan mereka sebagai penjala ikan. Menarik bahwa walaupun mereka sudah memiliki pekerjaan dan jaminan kehidupan mereka, ketika Yesus memanggil mereka untuk mengikutiNya, mereka segera meninggalkan pekerjaan mereka dan mengikuti Yesus.

Dari apa yang terjadi dengan para murid Yesus, kita dapat belajar bahwa kita memang perlu sibuk, kita memang perlu bekerja namun ketika Tuhan mau menggunakan kita maka sikap yang pantas yang hendaknya kita perlihatkan adalah rela meninggalkan apa yang sedang terjadi dan mengikutiNya. Tidak harus kita berpikir tentang harus masuk biara, harus menjadi imam. Panggilan Tuhan yang meminta kita untuk mengikutiNya bisa saja hadir dalam berbagai bentuk. Ketika anak membutuhkan orang tua, orang tua mungkin baik rela meninggalkan kesibukannya untuk menaruh perhatian untuk anaknya. Ketika ada orang sakit yang membutuhkan uluran tangan kita, mungkin baik kita meninggalkan kesibukan kita untuk menolongnya dan lain sebagainya.

Saudara-saudariku yang terkasih. Setiap hari Allah memanggil kita, namun kadang kala kita tuli terhadap penggilan Tuhan yang datang kepada kita, karena kita begitu sibuk dengan diri kita sendiri. Marilah belajar dari para murid hari ini, walaupun mereka sibuk akan tetapi ketika Allah memanggil mereka dan mau menggunakan mereka untuk melayaniNya mereka dengan segera mengikutiNya.

Pace e bene,

Sdr. Soter Reyaan, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − nine =