Renungan Harian Kelana Sabda, Selasa 12 Januari 2021

Injil Markus, 1:21b-28

Tegaslah sebagai Pembawa Kebaikan dan Kebenaran

Injil hari ini memperlihatkan kepada kita bahwa roh jahat juga mengenal dengan baik tentang Yesus. Ia mengakui Yesus sebagai yang Kudus dari Allah. Dan dari teriakannya: “apa urusanMu dengan kami hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami?”, kita dapat melihat bahwa roh jahat merasa terancam dengan kehadiran Yesus. Ia mengetahui apa yang bisa saja dibuat oleh Yesus. Dan kita menyaksikan dalam Injil ini bahwa Yesus kemudian menghardik roh jahat itu dan keluar dari orang yang rirasukinya, setelah sebelumnya menggoncang-goncangkan orang itu.

Dari kisah Injil ini, kita dapat melihat satu hal yaitu orang yang mencintai dan melakukan kejahatan ternyata dalam diri mereka tetaplah ada pengetahuan tentang apa yang baik dan benar. Oleh karena itu, mereka akan merasa terancam ketika mereka mengetahui bahwa apa yang baik dan benar sementara ada di dekat mereka. Mereka akan memperlihatkan reaksi tidak bersahabat, reaksi ketidaksenangan terhadap kebenaran dan kebaikan yang sementara menghampiri mereka.

Beajar dari Yesus, kita tidak perlu takut ketika mereka yang mencintai kejahatan dan melakukannya tidak menghendaki kehadiran kita dalam kehidupan mereka. Kita diminta memperlihatkan sikap ketegasan kita sehingga kejahatan dapat dikalahkan dengan kehadiran kita sehingga situasi yang ada adalah situasi yang dikuasai terang dan bukan kegelapan.

Pace e bene,

Sdr. Soter Reyaan, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − fourteen =