Renungan Harian Kelana Sabda, Kamis 8 Oktober 2020

Injil Lukas,  11:5-13.

Belajarlah Untuk Memberi

Salam kasih persaudaraan, para saudara dan saudari yang terkasih. Injil hari ini mengisahkan tentang hal berdoa terlebih tentang soal memberi. Yang dimana Yesus mengajarkan dan menjelaskan kepada kita tentang betapa sangatnya berarti soal memberi.

Seperti yang telah kita dengarkan tentang bagaimana Yesus memberi perumpamaan mengenai soal sahabat datang di tengah malam untuk meminta sesuatu kepada sahabatnya dan soal permintaan anak meminta roti kepada bapanya. Dari kedua hal ini banyak pelajaran yang dapat kita petik, hayati dan jalani dalam hidup keseharian kita yakni:

Seberapa dan sejauh manakah kita dalam hidup keseharian telah memberikan diri untuk diri sendiri, dunia, terlebih untuk orang-orang lain dan siapa saja yang kita jumpai dalam hidup kita ini. Apakah kita senantiasa terbuka dan hadir bagi orang lain entah itu di kala susah maupun senang ataukah kita lebih cenderung untuk tidak memberi malahan hanya menerima saja dari orang lain tanpa memberikan sesuatu pun yang kita miliki.

Para saudara dan saudari, Yesus sangat-sangatlah baik dan penuh kasih dimana Ia selalu ada, kapanpun dan dimanapun saat kita membutuhkannya. Dan Yesus mau bagi kita untuk lebih aktif memberikan apa yang kita miliki, namun itu hanya sebuah bantuan yang kecil tapi itu sangatlah berarti dan paling berharga untuk orang lain yang membutuhkannya. Nah maka marilah kita berani untuk tetap senantiasa memberikan apa yang kita miliki entah itu; Waktu, diri dan tenaga kita bagi orang lain dan janganlah takut untuk tidak meberikan apa yang kita miliki, sebab Yesus akan selalu membantu dan menguatkan yang percaya dan yakin pada pertolongan-Nya.

Intinya ialah: mintahlah maka akan diberikan kepadamu, carilah maka kamu akan mendapat, ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mengetok baginya pintu dibukakan. Semoga demikian..

 

Pace e bene,

Sdr. Appin Sirupang, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =