Renungan Harian Kelana Sabda, Jumat 26 Juni 2020

Matius, 8:1-4

Kemampuan dan Kemauan

 

Seorang kusta meminta Yesus untuk mau menyembuhkannya. Lihatlah bahwa ia tahu dan percaya bahwa Yesus mampu untuk menyembuhkannya. Oleh karena itu ia meminta kesediaan Yesus untuk menyembuhkannya. Ia meminta agar Yesus mau menyebuhkannya. Dan terjadilah bahwa Yesus mau menyembuhkan orang kusta itu.

Kita dapat melihat di sekitar kita, bahwa ada begitu banyak orang memiliki kemampuan namun tidak dibarengi dengan kemauan. Ada yang memiliki kemampuan secara materi untuk membantu namun tidak didukung oleh kemauan untuk membantu. Ada yang memiliki kemampuan rohani yang baik namun tak cukup didukung kemauan untuk membantu orang lain.

Hari ini, Injil ini menggugah kita melihat diri kita.  Allah menganugerahakn kepada kita masing-masing talenta-anugerah yang beragam. Semoga kita seperti Kristus mau menggunakan kemampuan kita ketika orang lain membutuhkan. Sadarlah bahwa kadang orang tidak begitu saja meminta bantuan. Ketika seseorang meminta bantuan ia tahu dan percaya bahwa kita bisa membantunya. Jangan sia-siakan kesempatan jika keadaan ini terjadi dalam hidup kita.

Kalau hanya kita bisa, tidaklah berarti. Kita menjadi berarti jika kita bisa dan kita mau menggunakannya untuk kebaikan sesama kita.

Pace e bene,

Sdr. SSR OFM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 4 =