Renungan Harian Kelana Sabda, Jumat 23 Oktober 2020

Injil Lukas, 12:54-59

“Dan mengapa engkau tidak memutuskan sendiri apa yang benar?”

 

Saudara-saudariku yang terkasih,

Menjadi siapa diri kita, amat tergantung dari keputusan yang kita buat setiap hari untuk diri kita. Jika kita setiap kali memutuskan untuk menghabiskan uang kita dengan “minum-mabuk” maka orang akan mengenal kita sebagai seorang pemabuk. Jika kita setiap kali menghabiskan uang kita dengan tindakan-tindakan karitatif maka orang akan mengenal kita sebagai orang yang murah hati. Jadi, keputusan yang kita buat setiap kali yang lahir melalui tindakan-tindakan yang kita lakukan amat menentukan siapa diri kita.

Kita hari ini, a.l. diminta untuk “memutuskan sendiri apa yang benar” untuk kehidupan kita. Mari kita lihat kehidupan kita, khususnya tentang bagaimana keputusan yang kita lakukan setiap hari. Mungkin kita pernah memutuskan seperti seorang pemabuk? Mungkin kita pernah memutuskan seperti seorang yang murah hati? Bagi kita orang kristen, keputusan yang benar adalah keputusan yang senantiasa tearah kepada kebenara di dalam Allah. Dan berbicara tentang kebenaran di dalam Allah itu artinya berbicara tentang kebenaran Injili atau kebenaran di dalam Tuhan kita Yesus Kristus.

Semoga kita belajar untuk senantiasa memutuskan yang benar untuk kehidupan kita dengan senantiasa bersandar pada kebenaran Injili. Kalau, kita hidup dalam keadaan ini maka jaminannya adalah kebahagiaan kita di dunia ini, dan lebih dari itu adalah jaminan untuk kehidupan kekal kita.

Pace e bene,

Sdr. SSR, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 14 =