Renungan Harian Kelana Sabda, Minggu 17 Januari 2021

Injil Yohanes, 1:35-42

Memperkenal dan Mengakui Yesus sebagai Mesias

Saudara-saudariku yang terkasih. Setiap teks Injil ketika dibacakan, selalu memiliki kekayaan pesan untuk kita. Pada kesempatan ini kita akan lihat dua pesan yang dapat kita renungkan bersama. Pesan yang pertama adalah, kita semua memiliki tugas untuk memperkenalkan Yesus kepada sesama kita. Hal ini dibuat oleh Yohanes kepada para muridnya. Ia berkata kepada para muridnya: lihatlah anak domba Allah. Para murid yang mendengar perkenalan itu, langsung mengikuti Tuhan. Menarik bahwa perkenalan yang dibuat oleh Yohanes mampu menggugah hati para murid untuk mengikuti Tuhan. Di sana tidak ada paksaan dari Yohanes, agar para muridnya mengikuti Yesus. Yohanes cukup memperkenalkan dan para muridnya berinisiatif untuk mengikuti Yesus. Perkenalan Yohanes ternyata hanyalah sebuah permulaan. Para murid sendiri kemudian berkemauan untuk mengetahui lebih dalam tentang Yesus. Mereka bertanya: Rabi dimanakah Engkau tinggal? Lihatlah bahwa jabwan Yesus sungguh luar biasa. Yesus tidak memberikan sebuah penejlasan yang Panjang lebar. Yesus meminta para murid Yohanes untuk datang menyaksiakannya sendiri. Ia mengatakan: marilah dan kamu akan melihatnya. Sebuah ajakan yang diikuti oleh para murid Yohanes yang kemudian sungguh mengalami tempat tinggal Yesus. Dan yang amat luar biasa lagi adalah perkenalan itu, membawa para murid Yohanes untuk kemudian mengikuti Tuhan Yesus dengan mengakuinya sebagai Dia adalah Mesias. Andreas berkata “kami telah menemukan Mesias.

Saudara-saudariku yang terkasih. Pesan yang kedua untuk kita adalah pertemuan dan pengakuan kita akan Yesus sebagai Tuhan kita, hendaknya tidak membuat kita menikmati keindahannya sendiri. Keindahan, kebahagiaan pertemuan dan pengakuan akan Yesus sebagai Tuhan harusnya membuat kita untuk juga membawa orang lain berjumpa dengan Yesus. Hari ini kita dengarkan, bahwa Andreas setelah berjumpa, dan tinggal Bersama Yesus Ia mengakui imannya di depan Simon akan Yesus dan membawa Simon berjumpa dengan Yesus. Adreas berkata kepada simon: kami telah menemukan Mesias, lalu Ia membawa Simon kepada Yesus.

Saudara-saudariku yang terkasih. Marilah dalam kehidupan kita, kita berlaku seperti Yohanes dan Andreas. Sebagaimana Yohanes, dalam kehidupan kita, hendaknya kita segiat mungkin, kita seaktif mungkin, kita sebanyak mungkin, berusaha memperkenalkan Yesus untuk orang-orang yang ada di sekitar kita. Yohanes telah berhasil membuat para muridnya bertemu Tuhan dengan perkenalan yang dibuatnya. Semoga melalui kita, banyak orang pun boleh bertemu dan mengikuti Yesus sebagai Mesias dalam kehidupan mereka. Dan juga sebagaimana Andreas, hendaknya kenindahan, kebahagiaan bertemua dan tinggal Bersama Yesus yang adalah Mesias, tidak membuat kita untuk mengalaminya sendiri. Kenikmatan, keindahan dan kebahagiaan tinggal Bersama Yesus, hendaknya membuat kita untuk berjuang membawa sesama kita juga mengalaminya.

Pace e bene,

Sdr. Soter Reyaan, OFM

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + five =