Pekan Suci Bersama Umat Taja-Lereh

Pekan Suci Bersama Umat Taja-Lereh
Kesiapan diri dan Kesungguhan Hati Menyambut Kebangkitan Tuhan
Sdr. Gilbert Rafael Reyaan

Selama pekan suci, para saudara muda berasistensi di Paroki Santa Klara Taja-Lereh. Terhitung mulai 30 Maret 2021, para saudara muda yang berjumlah 10 orang telah berangkat dari Rumah Studi Sang Surya menuju tempat asistensi mereka di Paroki Santa Klara Taja-Lereh. 2 mobil rental mereka gunakan untuk menuju ke tempat asistensi. Di sana setiap saudara mendapatkan tempat pelayanan mereka masing-masing.
Perjalanan menuju Paroki Santa Klara Taja-Lereh membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Jalan yang rusak membuat waktu yang diperlukan untuk mencapai tempat tujuan begitu lama. Akan tetapi, hal tersebut tidak mematahkan semangat para saudara muda. Semuanya begitu senang dan gembira menuju tempat pelayanan mereka masing-masing. Sukacita yang dibawa membuat perjalanan yang jauh pun menjadi tidak terasa. Setiap saudarapun menjadi tidak sabar untuk bertemu umat tempat asistensi, untuk membagikan sukacita Paska kepada mereka.
Setelah menempuh perjalanan yang jauh, maka pada pukul 15.00 para saudara muda pun sampai di Paroki Santa Klara Taja-Lereh. Di sana mereka di jemput oleh pengurus stasi masing-masing untuk mengantarkan mereka ke tempat pelayanan mereka. Merekapun memulai pelayanan mereka di stasi-stasi yang dipercayakan kepada mereka dengan kesungguhan diri dan kemantapan hati yang telah mereka persiapkan dengan sungguh-sungguh, agar dapat membawa umat dalam permenungan yang mendalam tentang wafat dan kebangkitan Tuhan.
Pelayanan pekan suci yang dilakukan oleh para saudara muda adalah pada perayaan Kamis Putih dan Malam Paska. Sementara itu, perayaan Jumat Agung dan Hari Raya Paska dilakukan bersama-sama pada pusat stasi.
Perayaan Jumat Agung dipimpin oleh Pater Timotius Safire OFM. Meskipun cuaca kurang mendukung dengan hujan lebat yang turun, umat yang menghadiri perayaan juga cukup banyak. Semangat umat dalam menghadiri perayaan sungguh luar biasa. Para saudara muda yang menghadiri perayaan Jumat Agung ini juga mengambil bagian di dalamnya. Mereka membantu membagikan Tubuh Kristus
Hari Raya Paska dipimpin langsung oleh Pastor Paroki Santa Klara Taja-Lereh, yakni Pater Hironimus Lebi OFM. Perayaan ini dihadiri oleh cukup banyak umat meskipun tidak sebanyak biasanya ketika perayaan gabungan mengingat situasi pandemi covid-19 saat ini maupun karena hal lainnya dari pribadi masing-masing umat. Perayaan Paska ini di mulai tepat pukul 10.00 WIT. Perayaan berlangsung khidmat dari awal hingga akhir. Sebelum berkat penutup, para saudara muda diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada umat yang hadir. Perayaan berakhir pukul 13.00 WIT, dan setelah itu para saudara muda diajak untuk makan bersama dengan Pastor Paroki beserta dewan-dewan pengurus Paroki.
Pelayanan para saudara muda berakhir dengan selesainya perayaan Paska bersama di stasi Juk. Setelah berada selama 6 hari di Paroki Santa Klara Taja-Lereh, para saudara mudapun meninggalkan Paroki Santa Klara Taja-Lereh pada Minggu, 4 April 2021 pukul 14.00 WIT.
Dengan hadirnya para saudara muda dalam pekan suci bersama dengan umat di Paroki Santa Klara Taja-Lereh, diharapkan dapat menumbuhkan semangat baru dalam hati umat sehingga mereka dapat menjadi lebih berkobar dalam pelayanan terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari dan juga menjadi semakin semangat dalam menghadiri perayaan-perayaan kudus di setiap minggunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + four =