Misa Perutusan ke Tanah Toraja

Sabtu, 02 Desember 2023 dilaksanakan misa perutusan atau perayaan Ekaristi  untuk kedua Sdr. Hendrikus Nahak, OFM dan Sdr. Yeremias Lado, OFM di Aula Sanggar Samadi Santa Clara- Sentani. Perayaan Ekaristi ini dipimpin lansung oleh Minister Provinsi Sdr. Aloyisius Rusmadji, OFM dan didamping oleh Vikaris Sdr. Tarsisius Sina Lengari, OFM serta kedua saudara yang diutus. Misa perutusan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan dari para para suster DSY Hawai, Suster PRR Merauke, Suster KFSL Sentani, dan suster OSU Sentani serta Bapa ibu tamu undangan yang berada disekitar wilayah sentani. Liturgi di tanggung oleh Wadah Saudara-saudara Muda (Para Frater OFM, St. Fransiskus Duta Damai Papua). Acara dilansungkan tepat pukul 18.00 WIT.

Dalam khotbah, Sdr. Tarsisius Singa Lengari, ia mengatakan bahwa “ Misi keluar ini  pernah disampaikan oleh  Sdr. Fred Dijkmans dan terus dibicarakan juga dalam kapitel ke kapitel bahwa perlu ada usah untuk misi keluar Papua. Hal ini menjadi sebuah penantian atau kerinduan. Nah penantian itu, terwujud hari ini bahwa Persaudaran St. Fransiskus Duta Damai mengustus kedua Sdr. Hendrikus Nahak, OFM dan Yeremias Lado, OFM untuk bermisi ke Tanah Torja tepatnya di Keuskupan Makasar-Kevikepan Toraja-Paroki Rembon-Stasi Bituang di Kabupaten Tanah Torja”. Selain itu juga,  bliau menegaskan  bahwa perlu mendasari komitmen untuk tetap setia dan berjaga-jaga untuk melaksanakan tanggung jawab yang diberikan. Memang hal ini tidak mudah ditempat misi yang baru, pasti akan menghadapi berbagai masalah dan tantangan tetapi berkat penyertaan Tuhan semua tantangan dan persoalan pasti dapat teratasi. Sebelum berkat penutup Sdr. Hendrikus Nahak, OFM (Hendro) dan Sdr. Yeremias Lado, OFM (Yeri) di persilahkan untuk berada di depan Altar, kemudian semua saudara membentuk setengah lingkaran dan memberikan doa dan berkat Bapa kita St. Fransiskus.

Perayaan misa perutusan ditutup dengan makan malam bersama. Misi keluar Papua telah terwujud sesuai mimpi Fred Dijkmans. Ini merupakan misi pertama dalam nasional dari Persaudaraan St. Fransiskus Duta Damai Papua ke Keuskupan Makasar. Maka penantian yang panjang telah terpenuhi tepatnya di Minggu Advet pertama dalam menyosong Natal 2023 dan tahun baru 2024 telah  dilaksanakan misa perutusan ke tempat misi yang baru.  Untuk itu, kami seluruh Persaudaran St. Fransiskus Duta Damai Papua mengucapakan  “Selamat bermisi di tempat baru” semoga berkat bapa kita St. Fransiskus dan seluruh para kudus Fransiskan menyertai dan kami semua mendoakannya, Tuhan senantiasa memberikan kita damai.

Penulis : Admin

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =