Surat Persaudaraan April 2020

Surat Persaudaraan April 2020
Para Saudara, Tuhan memberimu Damai Sejahtera!

Dua hal yang perlu saya sampaikan dalam Surat Persaudaraan ini.
A. Pekan Suci.
Sebentar lagi kita akan memasuki Pekan Suci. Mungkin ada Saudara yang bertanya, bagaimana kita merayakan Hari hari Suci itu di tengah situasi Virus Corona ini. Kita diingatkan Pemerintah untuk menghindari keramaian, jaga jarak, tinggal tenang di rumah sampai tanggal 09 April 2020. Gereja pun mengamini hal itu. Perayaan Ekaristi, Misa bersama umat hanya bisa dilakukan secara online, via live streaming sehingga tidak ada kerumunan orang. Bagaimana dengan kita, Saudara Dina yang hidup dalam komunitas, apakah liturgi hari-hari Pekan Suci ini kita merayakannya, mengikuti live Streaming seperti umat lainnya?
1. Untuk para Saudara yang bertugas di Paroki, mengikuti kebijakan Keuskupan, melayani kerohanian umat dengan merayakan Ekaristi dan umat mengikutinya secara online
2. Untuk kita, Saudara Dina yang hidup dalam komunitas-komunitas, kita merayakannya seperti biasa, secara offline. Di semua komunitas ada saudara imam. Maka sejak Minggu Palma sampai dengan Hari Raya Paskah, kita merayakannya secara sederhana di komunitas masing-masing. Usahakan tidak boleh melibatkan orang luar komunitas. Hindari kesan kerumunan. Tentu sedikit lain dengan komunitas St. Antonius Sentani. Di sana ada komunitas suster KSFL, mereka termasuk bagian dari komunitas Antonius, maka mereka boleh ikut perayaan bersama dengan para saudara di sana.

B. Retret Tahunan.
Retret Tahunan Persaudaraan untuk tahun 2020 tidak dilaksanakan secara bersama. Para Saudara diminta untuk ikut retret tahunan di Keuskupan di mana saudara berkarya. Bagi para sauadara yang bukan petugas pastoral, supaya dicari kesempatan untuk retret pribadi. Kebijakan ini dibuat mengingat tahun ini adalah tahun Kapitel, banyak agenda persaudaraan.

Salam persaudaraan, setialah isolasi diri, taati pedoman hidup sehat, semoga kita semua, di mana pun saudara berada dijauhkan dari Virus Corona. Santo Fransiskus dan Santa Klara, Doakanlah kami.
SELAMAT PASKAH
Jayapura, 01 April 2020.
Sdr. Gabriel Ngga, OFM
Minister Provinsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =