KAPITL GENERAL HARI KETIGABELAS-LIMABELAS

Hari Ketigabelas, 15 Juli: Pemilihan Definitor General untuk 8 Regio, dengan hasil sbb:
1. Africa: Victor Luis Quematcha
2. Asia/Oceania: Sdr. John Wong
3. Anglophona: Jimmy Zammit
4. Europa Centralis: Albert Schmucki
5. Latinoamericana I:Joaquin Echeverry
6. Latinoamericana II: Cesar Kulkamp
7. Hiberica/Italica/Albania: Cesare Vaiani
8. Slavica: Konrad Grzegorz Cholewa
Sore kami ke Basilica St. John Lateran di mana St. Fransiskus dan teman-temannya menghadap Paus Innocentius III pada tahun 1209, meminta restu Paus atas cara hidup yang dimulainya. Regula itu dikenal dengan nama Protoregula, yang terdiri dari ayat-ayat Injil saja. Paus Innocentius III merestuinya secara lisan.

Hari Keempatbelas, 16 Juli: Kehadiran Minister General Conventual, Cappucin, TOR OFS, dan CIOFS
Pada pagi hari keempat belas, Kapitel Jenderal menerima komunikasi tertulis dari Bapa Suci, menyampaikan salam dan memberikan pesan inspirasional dan inklusif kepada Capitular dan saudara-saudara dina di seluruh dunia. Kemudian voting perubahan dalam Stututa General (Bab IV, Bab V, Bab VII, Bab VIII) yang telah disusun oleh Komisi Yuridis. Tidak seluruh bab dirubah, tapi beberapa artikel di tiap bab. Lalu diteruskan dengan melihat apa yang telah dirumuskan oleh masing-masing Komisi berkaitan dengan pokok: Identitas kita, Hidup Persaudaraan, Formasio, Misi dan Evangelisasi, dan sekaligus divoting untuk rumusan akhir.
Jam 12.00, para Minister General (Conventual, Cappucin, TOR OFS, dan CIOFS) hadir menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Minister General OFM. Dalam sepatah dua kata yang mereka sampaikan selalu menggarisbawahi pentingnya hidup persaudaraan dalam dunia dewasa ini yang cenderung individualistis. Kita secara bersama terus memajukan spiritualitas fransiskan, berusaha menemukan bentuknya dalam dunia dewasa ini, dalam Gereja dan masyarakat. Sdr. Massimo Fusarelli menegaskan, “Kita adalah satu keluarga, dan kita ingin merasa semakin berorientasi dengan cara ini terhadap satu sama lain dan kepada dunia.”
Sore hari, para Capitular mendengarkan draf Pesan Akhir Kapitel, yang disampaikan oleh Sdr. Daniel Horan, dan memberikan komentar dan masukan kepada tim perumus tentang pesan utama dan isi dokumen tersebut.

Hari kelimabelas, 17 Juli: Para Kapitulars Ikut Prihatin dengan banjir di Jerman dan Belgia
Mengingat banjir saat ini di beberapa bagian Jerman dan Belgia, Minister General mengumumkan bahwa Kapitel akan mengirimkan pesan kepada Presiden Republik Federal Jerman dan Raja Belgia, sebagai ungkapan solidaritas dan doa.
Komisi mengakhiri pekerjaan mereka tentang Orientasi dan Mandat, amandemen Statuta Umum, dan Draft Pesan. Selain itu, presentasi pada hari itu meliputi laporan Komisi Keuangan Kapitel, Institut Spiritualitas Fransiskan di Universitas Kepausan Antonianum, Hotel dan Yayasan Il Cantico, dan syering kehadiran dan misi para Saudara di Maroko.
Malam persaudaraan pada hari terakhir Kapitel dirayakan di Hotel Il Cantico, dengan makan malam yang santai di teras dengan pemandangan spektakuler Kubah Basilica Santo Petrus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + 19 =